Jari jempol (Ibu Jari)

Jari jempol (Ibu Jari)

“Telapak jari” jempol ditempatkan pada neck (leher biola), yang juga bertugas untuk manahan beberapa desakan jari waktu menghimpit senar, bukanlah menjepit atau mencengkeram neck bahkan juga menahan berat biola.

Jempol nyaris senantiasa berdampingan dengan jari telunjuk serta cukup fleksibel ikuti arah serta gerakan tangan saat lengan (siku) dimajukan atau dimundurkan – serta yakinkan senantiasa lengan bawah serta telapak tangan tetaplah ada dalam posisi lurus.

Posisi Telapak Tangan

Contoh pada gambar di bawah yaitu posisi telapak yang bertumpu pada neck. Posisi telapak seperti ini cuma bakal : bikin jemari kaku, condong mencengkeram neck, serta dipakai untuk berat biola.

Posisi telapak seperti ini dapat jadi penghambat saat tangan kiri akan berubah posisi untuk memainkan suara yang lebih tinggi.

Posisi telapak tangan yang baik yaitu tak bertumpu pada neck untuk menyokong biola, serta senantiasa ada spasi pada neck serta “telapak”.

Sekali lagi aku ingatkan kalau tak ada sisi dari tangan kiri baik telapak ataupun jari yang dipakai untuk menahan berat biola.

Poin Yang Butuh Diingat
Biola dipegang oleh bahu serta rahang (dagu), serta bertumpu pada leher.
Janganlah pakai jari jempol atau jari telunjuk sebagai tumpuan untuk menahan berat biola.
Jari jempol serta jari telunjuk janganlah menjepit atau mencengkeram neck.
Neck serta fingerboard yaitu “pusat gerakan tangan kiri”.
Jagalah posisi lengan serta telapak dalam posisi alami (lurus)

Awal belajar, tentu kamu bakal temukan banyak masalah, janganlah memaksakan satu kondisi sisi badan yang capek, pegal otot, maupun sakit, baiknya beristirahat. Kamu masihlah mempunyai hari depan untuk berlatih lagi.

Tinggalkan komentar